Fakta Anak Bungsu

Hallo gais, pasti diantara kalian, teman, kerbat, ibu atau pacar, istri, suami ada yang jadi anak terakhir atau biasa disebut (Bungsu). banyak sekali fakta menarik tentang anak bungsu yang belum diketahui.

Berikut ini Fakta menarik yang mesti kalian ketahui tentang anak bungsu.

Fakta Anak Bungsu

berbagai fakta menarik anak bungsu
hausa.premiumtimesng.com

Anak terakhir atau biasa disebut dengan anak bungsu itu tak ada bedanya dengan anak pertama kedua ketiga namun dalam segi sifat dan karakteristik pasti ada perbedaan diantara mereka.

Adapaun perkembangan anak itu dipengaruhi berbagai hal diantaranya urutan kelahiran sang anak, sifat dan kepribadianya akan berbeda antara si sulung, tengah dan bungsu meski ada beberapa kesamaan karna meraka satu darah.

Mereka adalah bayi dalam keluarga begitulah hal yang menancab dalam diri sibungsu karna seringkali diperlakukan sepeti bayi walaupun sudah dewasa.

Tentunya anak bungsu akan menerima perhatian lebih dari keluarga termasuk dari kakak-kakanya dan hal ini pula yang kan mempengaruhi perkembangan si bungsu itu.

Dengan semua pengaruh yang didapatkannya, inilah beberapa fakta yang bisa dijabarkan tentang kepribadian anak bungsu:

1. Anak Bungsu Belajar dengan Baik jika Dibimbing

Anak bungsu mempelajari semua ingin diketahuinya melalui bimbingan orang disekitanya dan juga lewat pengamatanya, mereka lebih cepat menangkap sesuatu jika diberi bimbingan dengan seksama.

2. Anak Bungsu Lebih Manipulatif

Untuk mendapatkan keinginannya, mereka belajar bahwa menggunakan siasat lain akan lebih berguna. Misalnya, cemberut ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Walau bagaimanapun, itu adalah salah satu bentuk manipulasi untuk mendapatkan keinginannya, walaupun kelak ia tidak akan selalu perlu bersikap manipulatif lagi.

3. Terbiasa Manja

terbiasa dimanja
babycenter.com

Anak bungsu memang biasanya mendapatkan berbagai keistimewaan dari keluarganya. dan hal itu lumrah dimana-mana bagi sibungsu yang mendapat hal istimewa tersebut.

Apabila perlakuan dari keluarganya bisa mengarahkan anak kepada hal yang positif, mereka akan menjadi orang yang gigih dalam mengejar kemauannya dan tidak mudah putus asa. Misalnya, menggapai cita – cita, impian dan karirnya.

4. Anak Bungsu Menunjukkan Kasih Sayang dengan Terbuka

Anak bungsu tidak canggung menunjukan rasa kasih sayangnnya kepada orang-orang disekitarnya, dan mereka juga terbiasa disayang dimanja dan juga dipuja.

Kepada siapapun ia akan menebarkan kasih sayang karna dia juga merasa di beri kasih sayang hal itu pula yang membuatnya selalu menunjukan kasih sayang yang terbuka kepada yang disayanginya.

5. Sikapnya Bersahabat

Sangat Bersahabat
kompasiana.com

Anak bungsu yang dibesarkan dan mendapat perlakuan baik dari keluarganya biasanya akan tumbuh menjadi orang yang mudah bersosialisasi dan mudah bersahabat.

Mereka sudah terbiasa bergaul dengan orang – orang yang lebih tua di sekitarnya seperti kakak dan orang tua, dan juga teman – teman dari orang tua dan kakaknya tersebut.

Sebaliknya, jika mereka diperlakukan kurang baik maka bisa jadi akan sulit bergaul serta mudah tersinggung maka sibungsu harus diperlakukan dengan baik.

6. Biasanya Tidak Suka Ikut Campur Urusan Orang Lain

Anak bungsu memiliki kakak yang dapat mencontohkan hal ini kepada mereka, mereka akan menirukan apa yang dilakukan oleh kakaknya.

Biasanya, saudara yang lebih tua sudah memiliki kegiatan sendiri yang tidak boleh diganggu dan membuat batasan kepada saudara termudanya bahwa ada bagian hidup mereka yang tidak bisa dicampuri.

7. Mempunyai Wawasan Lebih Luas

berwawasan luas
hellosehat.com

Karena memiliki kakak dan orang tua yang jauh lebih berpengalaman daripada dirinya, hal itu dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan bagi si anak bungsu mereka dapat bertanya ke orang disekitarnya yang pasti memberikan jawaban atas pertanyaanya.

Kepribadian anak bungsu akan terbentuk dengan memiliki wawasan yang luas. Ia akan memiliki banyak pengetahuan yang lebih maju daripada teman – teman lainnya mulai dari musik, pelajaran, sosial, bahkan politik karna ia terobsesi dengan hal baru yang menarik.

8. Mempunyai Selera Humor yang Menarik

Mereka mempunyai sifat yang ceria sebagai anak termuda di dalam keluarga yang selalu dilimpahi kasih sayang dari orang tua serta kakak-kakaknya bahkan sodara dari keluarganya.

Dengan demikian mereka tumbuh sebagai orang yang menyenangkan dan mempunyai selera humor yang baik, beberapa sifat yang sangat disukai dalam pergaulan sosial.

Memberi kasih sayang secara proporsional dapat menjadi cara membentuk karakter anak usia dini menjadi positif dan merasa meraka sangat disayangi.

9. Bersifat Optimis

Kemampuan untuk menggapai impiannya tanpa dibayangi rasa takut akan gagal biasanya dimiliki oleh kepribadian anak bungsu karna ia sadar kegagalan awal dari keberhasilan jadi kalo gagal ia akan berhasil.

Mereka lebih berani untuk mengikuti kata hati daripada anak yang lebih tua di dalam keluarganya karena memiliki sifat optimis yang membuat anak bungsu tidak mudah cemas dan selalu tidak ingin pesimis.

Mereka selalu dapat melihat sisi positif dari semua hal, mempercayai bahwa semua hal pasti dapat diselesaikan dan masalah selalu dapat dicari jalan keluarnya dan itu pasti ketemu.

10. Anak Bungsu Menyukai Pengalaman Baru

Anak bungsu dapat berpikiran terbuka karena mereka biasanya mendapatkan pengetahuan yang luas Pemikiran yang terbuka inilah yang akan mendorong mereka untuk selalu mencari pengalaman baru dan baru terus semua digali.

Terkadang bahkan mereka bisa berpikir diluar kebiasaan yang ada, atau out of the box yang semua bisa membuatnya senang dan positif baginya.

11. Berjiwa Muda

Pada umumnya memang inilah yang akan terjadi pada seorang anak bungsu. Mereka terbiasa dianggap sebagai yang termuda dan melihat orang lain yang lebih tua darinya, yaitu orang tua serta kakak – kakaknya yang harus ia hormati.

Kurangnya tekanan dan pengharapan terhadap anak bungsu dari keluarga, membuat mereka lebih bebas. bebas tapi dalam kebebasan hal yang wajar dalam kondisi yang positif.

Terbiasa menjadi yang termuda akan membuatnya selalu merasa muda juga, dan mengembangkan jiwa yang bebas, mempunyai sosok yang menarik, dan bersikap seakan tanpa beban lepas begitu saja.

12. Cenderung Lebih Kreatif dari Pada Saudaranya

sibungsu sangat kreatif

Seringkali anak bungsu kurang mendapat perhatian dari keluarganya karena mereka sudah sibuk dengan kegiatan masing – masing, sehingga mereka kerap harus mencari hiburan sendiri.

Anak bungsu terbiasa bermain sendiri dengan menciptakan berbagai suasana yang dapat menghibur dirinya sendiri, karena itu mereka menjadi lebih kreatif dibandingkan saudaranya yang lebih tua. (Baca juga: Psikologi Sastra)

13. Anak Bungsu Dekat dengan Orang Tua

Sebagai anak yang termuda, terlebih lagi jika lahir dengan jarak usia yang jauh dengan saudara lainnya, anak bungsu akan lebih dekat dengan orang tua karna ia bayi yang selalu diperhatikan orang tuanya dan saudaranya.

Di saat saudara lainnya yang lebih tua sudah sibuk dengan kehidupan mereka sendiri, anak bungsu akan mempunyai banyak waktu untuk memperhatikan orang tuanya dan menjalin ikatan yang lebih erat dibandingkan saudara lainnya itulah si anak bungsu.

Tidak dapat dipungkiri, semua kemudahan yang didapatkan oleh anak bungsu semenjak kecil akan membuatnya mengembangkan kepribadian anak bungsu yang mudah untuk merasa puas dengan hidupnya.

Ketika semua kemudahan itu didapatkan dengan bimbingan yang benar, tentu mereka akan mudah menikmati hidup dan menjadi orang yang tidak mudah mengeluh ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan baik.

Pengaruh Keluarga Terhadap Kepribadian Anak Bungsu

keluarga berencana
fauziahmiftah.files.wordpress.com

Ketika anak bungsu lahir, hal pertama yang ia dapati adalah bahwa dirinya dikelilingi oleh banyak orang dewasa yang mampu melakukan berbagai hal yang tidak bisa ia lakukan dan akan jadi gurunya kelak.

fakta paling penting mengenai perkembangan pribadi seseorang berkaitan dengan pola asuh anak usia dini atau cara membentuk karakter anak usia dini yang diterapkan oleh orang tuanya.

yaitu ada dua cara yang bisa dilakukan seseorang untuk merespon terhadap lingkungannya. Ia bisa memberikan respon positif, yang akan membantunya menumbuhkan kepribadian positif pula.

Atau dia juga bisa merespon lingkungannya dengan negatif, yang akan menghambat pertumbuhan kepribadian yang sehat.

Pembentukan kepribadian anak bungsu akan tidak sama caranya dengan anak lainnya karena mereka memberi tanggapan kepada lingkungannya dengan cara berbeda dan pasti berbeda meski bakal ada kesamaan.

Pembentukan Kepribadian Anak Bungsu

pribadi yang baik
ciputramedicalcenter.com

Fakta penting mengenai pembentukan kepribadian adalah, bahwa setiap orang dewasa berusaha untuk meniru kondisi paling nyaman yang dirasakannya sewaktu kecil. Hal ini terkait dengan psikologi perkembangan anak usia dini.

Orang tua yang telah melalui beberapa kali tugas membesarkan anak menjadi kurang tertarik pada pencapaian si anak bungsu atau pun kepada tahap perkembangan emosi anak. lebih tepatnya membiarkan semaunya selama itu baik.

Mereka juga tidak terlalu dibebani harapan untuk mencapai berbagai hal. Anak termuda seringkali tumbuh dengan mendapatkan orang lain yang membuat keputusan untuk mereka, atau malah tidak mendapatkan bimbingan yang semestinya ia dapatkan

Terlahir dalam posisi apapun di suatu keluarga, setiap anak memiliki keuntungannya masing – masing tidak hanya sibungsu anak yang lain pasti mendapatkan tempatnya namun sibungsu ada posisi khusus.

Yang paling esensial dan diperlukan dalam pendidikan setiap anak adalah keseimbangan dalam pengasuhan orang tuanya, yaitu keseimbangan peran ayah dalam keluarga dan peran ibu dalam keluarga yang memahami psikologi anak baik anka sulung tengah dan bungsu.

Apabila seorang anak bungsu mendapatkan terlalu banyak sikap kemanjaan dari orang tuanya, tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan mengembangkan beberapa sifat yang kurang baik dan mempunyai kepribadian anak bungsu yang gagal mengembangkan kemampuanya dengan baik. tidak mesti harus diawasi terus.

Karakteristik Anak Bungsu

karakter sibungsu yang tersembunyi
faspay.co.id

1. Mudah jatuh cinta atau Mudah tersentuh

Sebagai anak bungsu sudah tentu akan menjadi anak kesayangan dan paling dimanja oleh para anggota keluarga karena dia orang paling kecil dikeluarga yang menjadi pusat perhatian dan orang yang harus dibimbing.

Si bungsu biasanya akan selalu mendapatlan perhatian, kepedulian dan pengertian yang lebih entah dengan siapapun dalam suatu keluarga, bisa oleh ayah, ibu, kakak atapun saudara yang lain begitulah sibungsu mendapatkan keistimewaan.

Karena terbiasa dimanjakan dan disayangi seperti ini maka anak bungsu tidak akan meras malu dianggap paling kecil bahkan ia semakin bangga karena seluruh perhatian bisa terfokus pada dirinya sendiri tidak terbagi-bagi.

Kebiasaan-kebiasaan ini nantinya akan membuat si bungsu lebih mudah berperasa atau loveable sehingga dia mudah bergaul dengan siapa saja. Semakin mudah bergaul maka akan semakin mudah mendapatkan pasangan.

2. Manja

Sangat identik dengan manja. Manja adalah salah satu Cara Membahagiakan Diri Sendiri yang dilakukan anak bungsu karna pada kenyataanya tidak semua dimanja.

Kebiasaan mendapat perhatian dan kasih sayang yang lebih dari orang-orang di sekitar membuatnya menjadi selalu ketergantungan. Mereka merasa apa yang mereka tuntut selalumereka dapatkan, apa yang mereka inginkan selalu dapat dipenuhi.

Namun dibalik sifat manjanya anak bungsu, mereka juga terkenal sebagai anak yang tegar. Mereka bisa sangat santai sekali ketika mendapatkan masalah yang harus dihadapi. Dia lebh sabar dan bisa meredam sendiri emosinya ketika ada yang membuatnya marah. Jadi jangan nyesel ya punya pacar anak bungsu karena selain mereka manja ternyata mereka juga bisa sabar melebihi anak sulung dalam menghadapi situasi apapun.

3. Lucu dan menyenangkan

Sudah tak asing lagi bahwa anak anak bungsu terkenal dengan selera humornya yang tinggi. merka suka bercanda karena dengan bercanda akan membuatnya akrab.

Selera humor yang unik dan kadang garing ini merupakan kebiasaan yang mereka lakukan saat menjadi penghidup suasana di tengah kumpul-kumpul bersama keluarga atau saat berkumpul dengan teman sebaya mereka. Mereka mempunyai kemampuan untuk menghibur dan mencairkan suasana karena keluwesannya ketika berkomunikasi.

Kelakuan anak bungsu sebagai anak paling kecil dan muda di rumah seringkali dianggap sangat imut dan menyenangkan. anak bungsu akan selalu terlihat lebih ceria, nyaman saat diajak bercanda dan segala tingkahnya selalu mengundang tawa.

Lucu adalah salah satu Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan yang dilakukan anak bungsu. Memilki pasangan bungsu tentunya sangat menyenangkan bukan? Dia aka selalu bisa menghiburmu setiap saat.

4. No drama

tidak hanya watak yang lucu dan menyenangkan. anak bungsu juga dikenal sebagai pribadi yang santai, easy going dan no drama.

Menjalin hubungan dengan anak bungsu akan bisa menikmati perjalanan hubungan yang santai namun serius, santai namun mempunyai pandangan ke depannya tidak ada bedanya dengan sulung dan tengah.

Hubungan bisa dijalani tanpa adanya beban dan paksaan akan tetapi tetap dalam situasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena hakikat sebuah hubungan memang seperti itu dijalani dengan esay going bukan dengan dorongan paksaan semua harus dijalani dengan focus.

Ketika menghadapi situasi apapun, anak bungsu juga tak akan membuat drama. Mereka akan memilih berkompromi dan berdiskusi dengan cara baik-baik ketimabang harus mengeluarkan energi untuk membuat drama yang kuarng penting.

5. Selalu menikmati hidupnya

Sifat anak bungsu yang menarik saat menjalani sebuah hubungan selanjutnya adalah selalu meikmati hidupnya. Ini adalah salah satu sifat menarik dari anak bungsu yang menajdi daya tarik tersendiri bagi siapapun untuk jatuh hati kepadanya.

Anak bungsu yang biasanya diapandang sebelah mata dan dihujat dengan beberapa image yang menyudutkan bahwa mereka adalah pribadi yang manja dan tak mau berjuang segera harus dihilangkan karna tidak semua begitu.

Masing-masing anak memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun bagi si anak bungsu, kesadaran meresapi peran sebagai anak terkahir dengan segala resikonya sudah membuatnya terbiasa menjalani semuanya. Maka dia akan lebih mudah untuk menikmati hidupnya dan jarang untuk mengeluh kepada pasangannya.

6. Tak suka mengumbar cinta

Untuk urusan mempamerkan sebuah hubungan kepada orang lain itu sama sekali bukan sifat anak bungsu. Dia akan terlihat lebih cuek namun tetap menjadi pribadi yang penyayang dan sangat penyayang.

Mereka bukan tipe yang gila akan mengumbar cinta, perhatian dan kasih sayang kepada orang lain entah itu dalam dunia nyata maupun di dunia maya mereka lebih menunjukannya langsung ke orangnya.

Mungkin ini disebabkan oleh kebiasaannya yang sering mendapat perhatian lebih tanpa dia minta, maka dalam soal hubungan mereka pun tidak pandai dalam meminta atau menarik perhatian dari lawan jenisnya.

7. Banyak pengetahuan dan terbuka dengan hal baru

Mempunyai pasangan yang selalu terbuka dengan hal-hal baru tentunya sangat menyenangkan dan membuat kita ikut terbawa akan hal-hal baru itu meski kadang kita gak mau tahu.

Dan inilah salah satu karakteristik sifat anak bungsu dalam percintaan. Mereka akan banyak memiliki pemikiran yang luas dan out of the box, selalu terbuka serta memiliki rasa penasaran yang tinggi dalam mencoba hal-hal baru yang belum ia rasakan.

Pemikiran yang luas dan out of the box ini membuatnya menjadi pribadi yang berbeda dan unik. Makanya tak heran bila anak bungsu selalu mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru.

Misalkan ketika mereka penasaran dengan rasa makanan baru, mereka akan mencobanya. Bahkan mereka juga tak segan untuk pindah ke luar daerah untuk bisa beradaptasi dan bersosialisasi mengembangkan dirinya untuk hidup lebih mandiri.

Tumbuh menjadi anak terakhir dengan mempunyai seorang kakak membuatnya dapat berinterkasi dan berkomunikasi dengan baik dan menghormati dan menyangi orang.

Bahkan ketika bertemu dengan orang baru pun, anak bungsu tak akan canggung dan langsung akrab karena sudah terbiasa dengan kehadiran kakak di dalam rumah. karna mereka menggangap orang lain sebagai sodaranya apalagi yang dibawah umurnya.

Pengetahuan ini bisa mereka dapatkan dari kakak-kakaknya baik informasi tentang dunia pendidikan, trend musik, game, fashion dan hal-hal penting lainnya. wawasan baru sangat merangsang sibungsu untuk tahu akan hal itu.

8. Suka berpetualang

Pengetahuan yang mumpuni ditambah dengan selalu terbuka dengan ide baru akan memicu tumbuhnya jiwa suka berpetualanga. Si anak bungsu akan selalu haus dengan petualangan adrenalinnya selalu terpacu tentang hal baru.

Jika ada tempat-tempat unik dan mencoba hal-hal baru yang menarik. Mendapatkan pasangan seorang anak bungsu akan terbiasa untuk selalu kompak mencari pengalaman baru dan senantiasa berbagi pengalaman kepada siapapun mereka wellcome.

karna ini pula yang membuat sebuah hubungan menjadi langgeng dan kalian bisa sama-sama belajar dan tumbuh menjadi dewasa. anak bungsu masih belajar cara membuat yang disayanginya betah.

Begitulah karakteristik sifat anak bungsu dalam percintaan. Ingat ya ini bukan patokan untuk memilih pasangan yanga baik. Sesungguhnya pasangan yang baik tergantung pada setiap Kepribadian bukan pada urutan lahir seorang anak di dalam keluarganya karna jodoh tidak ada yang tahu.

 

baca juga artikel tentang arti endorse

Tinggalkan komentar