Fakta Anak Tunggal

Mungkin ini fakta yang penulis sendiri rasakan karna penulis juga seorang anak satu-satunya dalam kelurga, maka dari itu penulis akan sedikit berbagi berbagai fakta anak tunggal.

Berikut ini beberapa fakta yang mungkin semua anak tunggal rasakan tidak semua sih namun pasti diantaranya ada yang kalian rasakan.

Fakta Anak Tunggal

berbagai fakta menarik anak tunggal
pixabay.com

Ada banyak fakta anak tunggal dari segi psikologi maupun perilaku orang lain terhadapnya. Semua ini mewarnai kehidupan setiap anak tunggal. Simak baik-baik ulasan di bawah ini. Berikut ini fakta anak tunggal yang wajib diketahui :

1. Terpenuhi Semua Kebutuhan

Biasanya semua kebutuhan anak tunggal biasanya selalu terpenuhi. Tentu ini karena orangtua mereka hanya membiayai kehidupannya. Si tunggal tidak perlu membagi apapun pada kakak atau adiknya, karena memang ia tidak punya. Semua fasilitas yang ia punya sudah lengkap.

Jadi apa yang dia mau pasti dipenuhi orang tua walau kadang tidak dipenuhi juga namun kebanyakan dipenuhi karna semua yang orang tua lakukan, mereka bekerja memang untuk dia seorang.

2. Pewaris Tahta

Bukan hanya kebutuhannya yang bisa terpenuhi. Anak tunggal juga dijamin kaya. Semua harta warisan keluarganya akan jatuh ke tangannya. Berbeda dengan anak-anak lain yang harus berbagi dengan kakak dan adiknya.

Ini yang membuat banyak orang merasa untung jika menikah dengan si semata wayang yang semua harta kekayaan orang tuanya akan jatuh kepadanya apalagi kalo si anak tunggalnya itu laki-laki langsung saja ajak ke KUA.

3. Pusat Perhatian

terpusat kepadanya
pixabay.com

Anak tunggal selalu jadi pusat perhatian orangtuanya. Wajar saja, karena memang tidak ada lagi yang bisa diperhatikan di rumah selain dia. Hal ini sangat menguntungkan bagi anak tunggal.

Mereka selalu merasa diperhatikan dalam segi apapun. Mereka tidak perlu mengemis perhatian karna orang lain yang akan memperhatikannya karna si tunggal pusat perhatian karna cuman dia yang harus diperhatikan didalam keluarga.

4. Kesepian

Jangan kira jadi anak tunggal selalu enak. Mereka juga sering kesepian setiap saat. Apalagi jika kedua orangtua mereka sibuk bekerja. Anak tunggal biasanya juga menginginkan adik atau kakak.

Sayangnya mereka harus terima bahwa mereka ditakdirkan sebagai anak tunggal, tentunya mereka menginginkan sodara ingin punya sodara untuk diajak main atau sekedar bertegur sapa namun apa daya dia hanya sendiri dan harus menerima kenyataan kalau dia selalu kesepian.

5. Manja

dia sangat manja sekali
pixabay.com

Sifat manja tidak bisa dijauhkan dari si tunggal. Hal ini terjadi sejak kecil mereka memang sudah dimanja oleh orangtuanya. Sampai dewasa pun mereka akan tetap manja. Sikap manja ini sebenarnya baik.

Namun si tunggal harus tetap meminimalisir sikap manjanya ini karna tak selamanya orang disekitarnya selalu ada maka dari itu si tunggal juga kadang-kadang mandiri karna dia sadar pada akhirnya dia akan sendiri maka dari itu harus mandiri.

6. Suka Menuntut

Tidak semua anak tunggal hobi menuntut sesuatu kepada orangtuanya. Namun mayoritas dari mereka memang seperti itu. Mereka sering menuntut banyak hal dari orangtuanya, mulai dari mainan, baju, sampai berbagai hal lainnya yang ia inginkan.

Ini juga termasuk salah satu sifat minus anak tunggal mesti tidak semua namun kebanyakan seperti itu apa yang ia mau harus dilaksanakan.

7. Kurang Bersosialisasi

Keluarga adalah tempat bersosialisasi pertama sebelum anak masuk ke masyarakat. Namun karena si tunggal tidak punya adik atau kakak, ia jadi jarang bersosialisasi. Hal ini yang memicu si tunggal jadi sulit untuk bergaul dan membaur.

Ia cenderung lebih suka sendiri menghabiskan waktu dikamar atau sekedar bermain game sampai memang ia mau keluar atau keadaan memaksa ia harus keluar, dia betah dengan kesendiriannya mesti kadang dia bosan dengan kesendiriannya itu.

8. Kurang Mandiri

dia kurang mandiri
pixabay.com

Sikap mandiri anak tunggal biasanya sangat kurang. Hal ini bukan tanpa alasan. Orangtua si tunggal memang jarang melepaskan ia beraktivitas sendiri. Ini membuat si tunggal menjadi anak manja. Sifat manja ini sebenarnya tidak baik.

Tentu karena anak tunggal juga harus bisa hidup mandiri. Karna tidak selamanya ia harus bergantung kepada orang lain, adakalanya ia harus mandiri melakukan semua sendiri karna pada akhirnya ia akan sendiri entah orang-orang disekitarnya yang pergi atau di sendiri yang pergi.

9. Harapan Orangtua Satu-Satunya

Karna situnggal adalah anak satu-satunya dalam keluarga sehingga ia adalah satu-satunya harapan kedua orang tuanya, tidak ada lain lagi maka dari itu kondisi ini membuat situnggal beban dan hati-hati dalam melakukan sesuatu.

Baik itu kegiatannya dalam aktivitasnya karna ia sadar kalo ia kenapa-napa maka orang tuanya akan khawatir dan dia tidak mau itu terjadi, maka ia sangat waspada bila akan melakukan sesuatu baik buruknya ia pertimbangkan dengan matang.

10. Suka Anak Kecil

pecinta anak
pixabay.com

Si tunggal sangat suka melihat anak kecil. Mungkin hal ini karena keinginannya yang ingin memiliki adik untuk diajak bermain. Tidak jarang ada anak tunggal yang suka bermain bersama anak-anak usia di bawahnya.

Ia selalu menganggap mereka adalah adiknya sendiri. Karna jadi tunggal membuatnya sepi dan ingin punya teman bermain dirumah atau sekedar bertengkar seperti keluarga lain ia merindukan hal itu makanya dia suka sekali dengan anak kecil karna tentu ia ingin punya adik.

11. Berpendidikan Tinggi

Hampir semua anak tunggal tidak memiliki masalah dalam pendidikan. Malah mayoritas dari mereka adalah orang berpendidikan tinggi. Ini yang membuat anak tunggal sangat terpelajar. Hal ini wajar saja karena mereka tidak perlu berbagi dana pendidikan dengan siapapun.

12. Pemalu

Banyak anak tunggal yang mengaku bahwa mereka cukup pemalu bahkan rata-rata demikian. Wajar jika mereka pemalu, karena mereka jarang berkomunikasi dengan orang banyak. Sikap pemalu ini membuat si tunggal kesulitan mendapatkan teman.

Baginya sangat sulit menemukan teman yang sesuai, karna dia pilih-pilih dalam berteman yang menurutnya cocok baru ia akan berteman, kalo bertemu dengan teman yang cocok dia cenderung terbuka dan menganggap temannya itu adalah saudaranya sendiri.

13. Suka Jalan-Jalan

Mereka anak tunggal akan berusaha untuk bisa keluar dari rumah. Hal ini karena mereka merasa cepat bosan sendiri di rumah. Akhirnya mereka sering jalan-jalan keluar hanya sekedar menghilangkan kepenatan atau refreshing.

Mereka biasanya mengajak orangtua atau teman untuk sekedar piknik atau berwisata. Atau bahkan dia pergi sendiri hanya untuk melihat pemandangan bahwa dunia luas dan melihat pepohonan, melihat jalan raya yang padat untuk menghilangkan kesepian dalam dirinya.

14. Pilah Pilih Teman

pulah pilih dalam berteman
pixabay.com

Anak tunggal jarang bisa masuk dengan semua kalangan. Ia biasanya suka untuk pilah pilih teman. Baginya tidak semua teman bisa diajak bermain bersama atau diajak curhat ia memilah-memilih mana yang cocok untuk dijadikannya teman.

Hal ini membuat anak tunggal terkesan sombong. Padahal ia hanya ingin mendapatkan teman terbaik untuk hidupnya. Karna kalau dia sudah mendapatkan teman itu teman itu akan menjadi sodaranya yang ia sayangi.

15. Riwayat Kesehatan Yang Bagus

Orangtua mereka akan takut jika mereka sampai sakit. Ini yang membuat kesehatan anak tunggal selalu dijaga. Mulai dari makanan sampai aktivitas mereka dipantau. Jika sakit sedikit mereka akan segera dibawa ke dokter.

Bahkan mungkin doa pun hanya untuk dirinya seorang sehingga allah mengabulkannya dengan menjaga si tunggal selalu sehat.

16. Fokus Menggapai Cita – Cita

focus menatap masa depan
pixabay.com

Fokus anak tunggal sangat bagus. Termasuk sikap fokus mereka pada pendidikan dan apa yang ingin dicapai. Ini yang membuat anak tunggal mudah meraih cita-cita.

Apapun impian mereka biasanya akan mudah terwujud. Karna ia punya keyakinan bahwa ia akan sukses dan juga ia sadar kalau bukan dia yang membanggakan otang tua siapa lagi maka ia akan focus mengejar impiannya.

17. Tertutup

lebiih tertutup kepada orang asing
pixabay.com

Sudah jadi hal wajar jika anak tunggal tidak biasa berbagi cerita apapun dengan orang lain. Berbeda dengan anak lain yang selalu berbagi cerita dengan kakak atau adiknya. Hal ini yang memupuk kepribadian anak tunggal menjadi lebih tertutup lebih menyimpannya sendiri.

Sulit baginya untuk bercerita banyak hal pada orang lain apalagi tentang pribadinya ia mau bercerita kepada orang yang memang menurutnya ia cocok untuk mendengarkan semua keluh kesahnya atau hanya curhat tentang kehidupannya.

Fakta anak tunggal di atas akan memberikan anda gambaran seperti apa mereka. Setiap anak memiliki keunggulan, begitu juga anak tunggal. Kekurangan yang mereka miliki itu adalah sebuah tantangan tersendiri bagi orangtua dan mereka.

Baca juga artikel Fakta Anak Bungsu

 

Tinggalkan komentar