Pengertian Manajemen

Hai Calon Sarjana, Berikut ini akan di paparkan beberapa pengertian manajemen baik secara umum dan juga menurut para ahli.

Baca dengan seksama artikel ini semoga bermanfaat khususnya bagi kalian calon sarjana muda calon generasi penerus bangsa.

Pengertian Manajemen

apa itu manajemen
Rocketmanajemen.com

Istilah manajemen (management) telah diartikan berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketataletakan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi, dan sebagainya.

Masing-masing pihak dalam memberikan istilah diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka. Meskipun pada kenyataannya bahwa istilah tersebut mamiliki perbedaan makna.

Manajemen berasal dari kata “to manage“ yang berarti mengatur, mengurus, atau mengelola. Dari arti tersebut, secara substantif, makna manajemen mengandung unsur-unsur kegiatan yang bersifat pengelolaan.

Dengan demikian, muncul pertanyaan apa yang dikelola, bagaimana mengelolanya, untuk apa dikelola, dan siapa yang bertindak sebagai pengelola (Athoillah, 2010).

Manajemen adalah ilmu dan seni merancangkan, mengorganisasi, mengarahkan, mengalokasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah diciptakan. (Swastha & Sukotjo, 2002).

Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli manajemen
kisspng.com

Menurut Hani Handoko (2011) Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang yang menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan organisasi.

dengan melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia atau kepegawaian, pengarahan dan kepemimpinan serta pengawasan.

Menurut Stoner dan Wankel dalam Siswanto (2009) manajemen adalah proses perencanaa, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya.

demi tercapainya tujuan organisasi menurut Stoner dan Wankel bahwa proses adalah cara sistematis untuk menjalankan suatu pekerjaan, proses ini meliputi :

  • Perencanaan, yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan.
  • Pengorganisasian, yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lainnya yang dibutuhkan.
  • Kepemimpinan, yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin.
  • pengendalian, yaitu memastikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan jika tercapai dilakukan tindakan perbaikan.

Manajemen merupakan kegiatan pimpinan perusahaan dan manajer lain untuk melakukan perencanaan terhadap tindakan yang akan dilakukan, mengorganisasi sumber daya manusia untuk melaksanakan tindakan, mengarahkan dan mengawasi pelaksanaannya.

Secara ringkas manajemen berarti keterampilan/seni dalam menyelesaikan pekerjaan  melalui orang lain (Sukirno : 2004).

Manajemen harus mampu menunjukan perannya dalam mengelola sumber daya organisasi.

Peran ini sangat diperlukan agar organisasi dapat kokoh dan dapat mencapai tujuannya, hal ini selaras dengan apa yang terkandung dalam Al-qur’an Surat Ash-Shaff Ayat 04, yang berbunyi :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذينَ يُقاتِلونَ في سَبيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُم بُنيانٌ مَرصوصٌ

Artinya: Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

Dari ayat diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pengetahuan yang berkembang sekarang sebenarnya telah tertera dalam Al-qur’an dan diterapkan oleh Rasulullah SAW. sejak dahulu kala.

Dalam ayat di atas dapat kita temukan konsep manajemen yang tertulis didalamnya. Ciri dari bangunan yang kokoh adalah seluruh komponen di dalamnya saling menguatkan satu dengan yang lain. Dapat dirinci, bahwa soliditas organisasi memiliki tiga ciri, yaitu:

masing-masing komponen didalamnya bisamenguatkan satu dengan yang lain, bersinergi dalam bekerja serta memiliki program yang jelas, termasuk pembagian pelaksanaan program (pembagian potensi dan pemanfaatankemampuan).

Dalam hal ini, diperlukan adanya ketepatan di dalam penempatan orang.

Fungsi Manajemen

berbagai fungsi manajemen yang saya tahu
posciety.com

Umumnya ada beberapa proses dan fungsi yang biasa di implementasiakn dalam kegiatan manajemen, yaitu diantaranya:

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan suatu proses yang meliputi upaya yang dijalankan guna mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi maupun taktik yang tepat guna merealisasikan tujuan dan target organisasai

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan suatu proses yang meliputi bagaimana taktik serta strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan.

Digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai dan lingkungan yang kondusif serta bisa memberikan kepastiann bahwa pihak pihak yang ada didalam organisasi bisa bekerja secara efisien dan efektif untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan.

3. Menggerakan

Actuating atau menggerakan adalah suatu tindakan mengusahakan agar seluruh anggota kelompok berusaha mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha organisasi.

Dengan kata lain aktuating adalah menggerakan seseorang agar mau bekerja dengan kesadaran pribadi dan bersama-sama mencapai tujuan yang di tetapkan secara efektif dan efisien.

4. Pengawasan

Controlling atau pengawasan merupakan bagian dari tindakan manajer untuk menilai serta mengendalikan jalannya kegiatan untuk memastikan ketercapaian tujuan.

Tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mencegah dan memperbaiki penyimpangan, kesalahan, penyelewengan serta kegiatan lain yang tidak sesuai dengan rencana awal.

Jenis-jenis Manajemen

 

jenis-jenis manajemen
Rocketmanajemen.com

Umumnya dalam sebuah perusahaan jenis-jenis manajemen dibagi menjadi empat:

1. Manajemen sumber daya manusia (SDM)

2. Manajemen Pemasaran

3. Manajemen Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

pengertian MSDM
gramedia.com

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Secara harfiah Manajemen Sumber Daya Manuisa mengandung pengertian yang merupakan paduan dari pengertian manajemen dan Sumber Daya Manusia.

Manajemen adalah sebagai proses pencapaian tujuan yang dilakukan dengan mengunakan bantuan sumber daya (orang lain) yang tersedia. Manaj emen scara prinsip mengandung tiga unsur pokok yaitu: Suatu proses, adanya sumber daya lain, adanya tujuan.

Sedangkan Sumber Daya Manusia (Human Resouce) Memiliki pengertian sacara makro, Sumber Daya Manusia merupakan potensi tenaga kerja yang terdapat didalam suatu negara.

jadi menggambarkan jumalah angkatan kerja dari suatu negara. Sedangkan secara mikro Sumber daya manusia merupakan segolongan masyarakat yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja pada suatu uni kerja atau organisasi tertentu baik pemerintah maupun swasta.

Jadi dalam pengertian Sumber daya manusia ini tercakup semua unsur yang dimilikinya, sperti energi, bakat, keterampilan, kondisi fisik dam mental manusia yang dapat digunakan untuk berproduksi.

Berdasarkan hal itu, maka Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri dari empat suku kata terbukti tidak sulit dipahami artinya.

Dimaksudkan dengan manajemen sumber daya manusia adalah proses pengendalian berdasarkan fungsi manajemen terhadap daya yang bersumber dari manusia.

Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

ahli msdm
andykamusfiabdillah.blogspot.com

Menurut Miner dan Donald yang dikutip dalam Rachmawati (2008) Menyatakan bahwa

“Manajemen sumber daya manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organsasi dan masyarakat”.

Sedangkan menurut Flippo yang dikutip oleh wahyudi (2002) Menyatakan bahwa “Personal manajement is the planning, organizing, directing and controlling of the prosuremen, development, compesation, integration, maintanance and suparation of human resource to the and that individual, organisational and societal objectives are accomlished”.

Manajemen sumber daya manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengarahan daripada pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusiake suatu titik akhir dimana tujuan tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat terpenuhi.

 

Fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

fungsi-fungsi manajemen suber daya manusia
Muamarnotes.com

Menurut Handoko (2012) Ada beberapa fungsi dari manajemen sumber daya manusia yang bisa kita cermati, diantaranya adalah:

1. Rekruitmen (Reckruitment)

Rekruitmen adalah fungsi Manajemen sumber daya manusia yang pertama dan terutama. Pelamar dicari dan diundang, atau sebaiknya. Diharapkan yang datang untuk melamar banyak, sehingga akan terseleksi karyawan yang terbaik.

2. Perencanaan (Planning)

Adalah upaya sadar dalam pengambilan sebuah keputusan yang sudah diperhitungkan dengan matang mengenai hal apa saja yang akan dilakukan dimasa mendatang oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

3. Seleksi

Seleksi tenaga kerja merupakan proses dalam menemukan tenaga kerja yang sesuai dan tepat dari sekian kandidat yang tersedia. Tahap pertama yang di perlukan setelah menerima surat lamaran adalah menelaah riwayat hidup (curiculum vitae) para pelamar kerja.

Lalu dari riwayat hidup dilakukan penyaringan diantara para pelamar kerja yang artinya akan dipanggil dengan pelamar yang gagal dalam memenuhi standar kualifikasi. Kemudian atau proses uji seleksi yang laian.

4. Orientasi dan pelatihan

Pelatihan atau istilah lainnya training adalah suatu proses pembelajaran yang melibatkan perolehan suatu keahlian, peraturan, konsep ataupun sikap guru meningkatkan kerja para tenaga kerja.

Bahkan pelatihan ini telah diatur dalam undang-undang pada tahun 2003 yang menyatakan pelatihan kerja merupakan semua aktivitas untuk memberikan, mendapatkan, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, kedisiplinan, sikap serta etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentuyang sesuai dengan jenjang serta kualifikasi pekerjaan dan jabatan.

5. Pengembangan dan development

merupakan upaya penyiapan individu guna menanggung tanggung jawab yang beda adapun lebih tinggi dalam perusahaan. Menurut Handoko (2001) menyatakan latihan dan pengembangan merupakan hal yang berbeda.

Latihan atau istilah (training) mempunyai tujuan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terperinci dan sederhananya, latihan untuk menyiapkan tenaga kerja guna melakukan pekerjaan-pekerjaan sekrang.

Sedangkan pengembangan memiliki lingkungan yang lebih luas dalam usaha memperbaiki serta meningkatkan kemampuan, pengetahuan, sikap ataupun kepribadian.

6. Evaluasi kinerja

Evaluasi kinerja fungsinya tak kalah penting dari fungsi manajemen lain. Fungsi evaluasi dan monitoring adalah berbeda dan terkadang sulit dipisahkan.

Dalam penyusunan sebuah sistem dan pembagian tugas, fungsi dan pembagian peran kadang kala tak semestinya perlu dipisahkan secara nyata.

Fungsi manajemen  puncak contohnya, meliputi keseluruhan fungsi mulai dari planning dan controlling. Maka dari itu, evaluasi oleh pimpinan perusahaan sering dilakukan dalam rapat kerja, rapat pimpinan atau temu muka.

Fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia berguna supaya perusaan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

7. Kompensasi

Fungsi kompensasi adalah pemberian balas jasa secara langsung atau tidak langsung yang berbentuk uang ataupun barang kepada tenang kerja karyawan sebagai bentuk imbaalan jasa dari perusahaan.

Prinsip dari kompensasi ialah adil serta layak menyesuaikan dengan tanggung jawab kerja dan prestasinya.

8. Pengintegrasian

Pengintegrasian merupakan aktivitas untuk menyatukan antara kepentingan perusahaan dengan kebutuhan para karyawan, sehingga menciptakan kerja sama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

9. Pemeliharaan

Fungsi pemeliharaan adalah aktivitas untuk memelihara atau bahkan meningkatkan kondisi mental, fisik dan loyalitas pekerja supaya tercipta adanya kerja sama yang panjang.

10. Pemberhenian

Pemberhentian atau Pemutusan Hubungan Kerja (adalah pengakhiran suatu hubungan kerja perusahaan dengan tenaga kerja yang disebabkan oleh suatu hal yang mengakibatkan hak dan kewajiban berakhir antara pemberi kerja (perusahaan) dengan tenaga kerja.

Pengertian Manajemen Keuangan

pengertian manajemen keuangan
zulkarnain.imwi.ac.id

Manajemen keuangan merupakan salah satu fungsi operasional perusahaan yang sangat penting disamping fungsi operasional lainnya seperti manajemen pemasaran, manajemen operasi, dan lain sebagainya.

Manajemen keuangan dalam banyak hal berkaitan dengan pembuatan keputusan.

Keputusan yang dibuat berkaitan dengan keuangan yaitu berapa besar addet yang dibutuhkan oleh suatu kegiatan usah, bagaimana sebaiknya kompisisi dari masing-masing asset tersebut, serta darimana sumber pembiayaan atas investasi tersebut.

Pengertian manajemen keuangan Menurut para ahli

ahli keuangan
pixabay.com

Adapun pengertian manajemen keuangan menurut Riyanto (2001): “Manajemen keuangan adalah keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut”.

Menurut james C., Van Horse dan John M., Waxhowicz, JR. (2005) pengertian manajemen keuangan adalah “Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aktiva dengan beberapa tujuan umum sebagai latar belakangnya”.

Sedangkan menurut Martono dan Harjito (2007) “Manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana dan mengelola asset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh”.

Menurut Surtisno (2003) berpendapat bahwa “Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai seluruh aktifitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha-usaha menggunakan dan mengalokasikan dana dalam tersebut secara efesien”.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan adalah seluruh kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan manajemen dana perusahaan, baik mengenai usaha-usaha memperoleh dana ataupun mengalokasikan dana tersebut secara efesien untuk membiayai segala aktivitas perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran
dreamstime.com

Pemasaran merupakan faktor vital sebagai strategi pesrusahaan dalam menjalankan usahanya, yang terutama berhubungan dengan konsumen. Kata pemasaran sendiri berasal dari kata pasar, atau bisa juga diartikan dengan mekanisme yang mempertemukan permintaan dan penawaran.

Pemasaran Menurut para Ahli

ahli pemasaran
medcom.id

Menurut Kotler (2002: 9) “Pemasaran adalah proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang meraka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”.

Menurut Stanton (1996: 6) “Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada meupun pembeli potensial”.

Menurut Lamb et.al. (2001: 6) “Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi dan sejumlah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi”.

Dari ketiga definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya pemasaran bukan hanya kegiatan menjual barang maupun jasa tetapi juga meliputi kegiatan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan

Dengan berusaha mempengaruhi konsumen untuk bersedia membeli barang dan jasa perusahaan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai.

Hal ini sangat penting bagi manajer pemasaran untuk memahami tingkah laku konsumen tersebut. Sehingga perusahaan dapat mengembangkan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk secara lebih baik.

Dengan mempelajari perilaku konsumen, manajer akan mengetahui kesempatan, engidentifikasi, serta menentukan segmentasi pasar secara tepat dan akurat.

Baca juga

Pengertian Kurikulum

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Kewirausahaan

Tinggalkan komentar